Senin, 21 Agustus 2023

Budget Travelling 9 Hari ke Sydney Australia di Musim Dingin (2022)

 


Pertama kalinya saya pergi ke luar negeri dan yaps!! seperti judul yang sudah saya cantumkan negeri pertama yang saya kunjungi adalah Australia lebih tepatnya dibagian Sydney, 
Sydney Opera House
New South Wales pada bulan Juni 2022 bertepatan dengan musim dingin walaupun saat itu sedang musim dingin namun, di Sydney tidak ada salju kecuali di daerah tertentu dibagian Australia. Di pembahasan ini, saya khusus membahas budget travelling saya (not included budget suami) selama 9 hari di Sydney dan apa saja yang kami perlukan, namun untuk detailnya tentang lokasi, dan serunya tempat hiburan yang kami kunjungi bisa klik tautan "Itenerary 9 hari di Sydney" . 
selama di Sydney saya berpetualang sendiri, sebab suami lagi dinas dan kami pergi berdua hanya saat weekend di hari Sabtu dan Minggu atau saat sore hari itu pun banyak toko yang sudah tutup FYI : weekdays di jam 7 malam jalanan sudah banyak yang sepi, sepi orang, toko mostly sudah pada tutup dan ramai sampai malam hanya di hari Jumat, sabtu dan minggu. untuk masalah profesional suami saya alhamdulillah bisa balancing drawing a line between work and family time jadi membawa saya di perjalanan dinas bukan selalu berarti aji mumpung liburan (ketika saya sudah tidak bekerja, suami saya selalu membawa saya bisnis trip keluar kota dan kini ke luar negeri) dan saya membayar transportasi, akomodasi sendiri.

Untuk hal pertama yang saya lakukan bersama suami sebelum kami berangkat ke Sydney :

  • VISA
 Tentunya kami harus membuat Visa terlebih dahulu, cukup nervous karena saya baru pertama sedangkan suami sudah bolak balik ke beberapa negara terlebih saya sudah tidak bekerja dan Australia kala itu sedang ketat disebabkan efek pandemi jadi saat saya searching banyak visa yang tertahan 2 sampai 3 bulan sedangkan kami butuh cepat dan masyaAllah cukup dalam waktu 3 hari Visa saya visitor (subclass 600) granted alias di approved dan dapat multiple entry selama 3 tahun, alhamdulillah. Untuk pembuatan visa, kami percayakan ke agent agar simple aja dan tidak ribet, untuk pengumpulan dokumen makan waktu selama 2 minggu agar saat dokumen diserahkan ke otoritas terkait tidak ada kendala atau bahkan dikembalikan alias ditolak. 




Untuk biaya pembuatan visa all in bersama biaya agent kurang lebih Rp. 2.200.000.(*Regulasi visa Australia (termasuk biaya pengajuan visa) berubah dari waktu ke waktu)
Bantuan Imigrasi :
Hanya pihak tertentu yang dapat memberi bantuan dalam pengajuan visa Anda. Bantuan ini disebut bantuan imigrasi. Jika Anda menunjuk seseorang untuk menyediakan bantuan imigrasi, mereka harus:
  1. agen migrasi terdaftar
  2. seorang praktisi hukum, atau
  3. orang yang dikecualikan
Anda tidak wajib menggunakan jasa agen migrasi untuk mengajukan visa. Jika Anda ingin menggunakan jasa agen migrasi, Anda dapat mengecek daftar OMARA untuk menemukan agen migrasi terdaftar. Lihat Daftar Agen Migrasi.
Seorang agen migrasi terdaftar tidak dapat:
  1. mempercepat masa pemrosesan visa
  2. menjamin Anda akan mendapat visa
(Source : https://indonesia.embassy.gov.au/jaktindonesian/visas_and_migration.html )

  • TIKET
Kami memesan tiket pesawat di Traveloka dengan rute penerbangan direct/langsung dengan tujuan Bandara Internasional Kingsford Smith, Sydney. Maskapai yang kami percayakan yaitu Garuda Indonesia
View ketika akan landing
karena di tanggal tersebut Garuda melayani penerbangan secara direct dan harganya pun lebih murah dibandingkan maskapai lainnya yang direct pada saat itu.
Harga tiket menurut kami termasuk pricey dikarenakan kami pesan dadakan namun jika kalian pesan jauh hari bahkan setahun sebelumnya lebih murah apalagi kita ikut moment travel fair.


Harga Tiket
 Rp. 8.000.000 (kurang lebih) / orang
Depature Tuesday, 14 June 2022 Garuda Indonesia GA-712 Subclass N (Economy) Direct 23:55 Jakarta (CGK) terminal 3 - 09:45 Sydney Intl-Terminal 1
perjalanan ditempuh selama kurang lebih 7 jam, selama perjalanan di maskapai ini kami dilayani dengan baik dan tidak ada delay atau kerugian apapun. kami mendarat dengan baik terutama cuacanya bagi kami cukup mendukung.
Harga Tiket Rp. 10.000.000 (kurang lebih) / orang
Depature Thursday, 23 June 2022 Garuda Indonesia GA-713 Subclass B (Economy) Direct 09:00 Sydney Intl-Terminal 1 - 13:45 Jakarta (CGK)

  • PERLENGKAPAN dan PERALATAN

Dikarenakan sedang musim dingin walau tidak terlalu dingin banget dibanding negara lain yang memiliki musim dingin juga (kalau saya pribadi suhu di Sydney rasanya mirip seperti di Malang atau Dieng).
Jaket atau mantel tebal kami membeli jaket secara online dan kebetulan ada yang menjual jaket yang sesuai kebutuhan kami dari segi harga sangat murah hanya dibawah Rp.500.000 dan tentunya bermerk alias tidak abal-abal. Rp. 299.900


Hand warmer berfungsi untuk menghangatkan tangan kami saat kami sedang berada diluar ruangan. 1 piecenya sekitar Rp.8.900 (2022)
Legging musim dingin  walau tidak terlalu dingin tapi bagi kalian yang senang memakai legging,  beli legging yang khusus musim dingin tuh hal yang patut dimasukkan ke dalam list kalian karena legging ini terdapat bulu bulu halus di dalamnya.
Obat-obat'an yang penting untuk kami bawa, terutama koyo hahaha karena kami suka sekali jalan.
Dokumen penting seperti Passpor, visa walau visa Australia berbentuk elektronik namun kami tetap print untuk berjaga-jaga.
Sepatu yang nyaman untuk berjalan, please saya punya pengalaman kurang mengenakan mengenai sepatu yang saya bawa. jadi saya membawa 2 sepatu yang 1 memang khusus untuk olahraga dan berjalan jauh dan yang 1 lagi sepatu yang bahannya pure canvas dan salahnya saya terlalu pas dan tidak pakai kaus kaki untuk si sepatu canvas ini dan berakhir kuku jempol saya yang korban hahaha.. jadi bengkak dan penyembuhannya sekitar setahun, sungguh na'as.
Namun jangan lupa membaca regulasi.
Botol Minum
 di Sydney air minum tergolong mahal untuk per botolnya namun disediakan air minum gratis yaps! via keran air hahaha.. saya pribadi bawa botol minum salah 1 nya karena untuk cebok alias bersih-bersih setelah buang air kecil karena di toiletnya tidak ada semprotan air dan hanya menggunakan tissue, untuk saya yang sudah terbiasa pakai air tentu sangat risih terhadap hal tersebut. serius bawa botol minum amat berguna banget. Botol minum saya sistem yang bisa dilipat jadi tidak makan banyak tempat dan bisa saya gantung di tas.
Sunscreen, Balm ini skincare wajib untuk kami bawa karena walau lagi musim dingin namun cuacanya cukup cerah dengan matahari yang bersinar dan pelembab untuk kulit kami agar tidak pecah pecah.
dan kemudian pakaian secukupnya.
  • AKOMODASI HOTEL
Penginapan kami berada di daerah North Sydney yang dimana termasuk agak jauh dari Sydney Central Business District (CBD dan juga disebut sebagai the City). Namun justru lokasi ini strategis untuk kami dikarenakan pemandangan disini amat bagus, banyak sekali hidden gem seperti Wendy Whiteley Secret Garden yang ketika kami kesini, kami terkejut ada lorong yang menghubungkan antara taman dengan dermaganya, sungguh pemandangan yang luar biasa!

Hotels : Vibe Hotel North Sydney (viewnya bagus dan berada ditengah-tengah serta dekat dengan stasiun kereta, dan halte bus) selama 9 hari kami menginap disini. 


Price : around AUD 218 /Night (2022) (sekitar Rp. 2.300.000/malam)
namun kalian jangan takut untuk berkunjung ke Sydney (serba mahal ya ternyata? noo..) banyak harga hotel yang ramah dikantong bahkan saya pernah menemukan harga hotel dibawah AUD 150 dipusat kota Sydney.
kami dapat hotel disana dikarenakan kantor suami yang memfasilitasinya dan suami sedang ada meeting disini juga. (jadi syukur alhamdulillah biaya hotel kami gratis dan biaya tiket serta transportasi plus makan untuk suami gratis, jadi hanya saya saja yang bayar pribadi untuk segala sesuatunya disini kecuali hotel)


  • UANG SAKU & BIAYA
Light Rail
Nah, yang saya sampaikan sebelumnya bahwa sebenarnya jalan ke Sydney Australia tidak terlalu mahal, kenapa??? saya sudah survey mulai dari tiket pesawat jika kita ikut promo travel fair harga tiket round-trip bisa cuma 6-7juta saja, bahkan maskapai Scoot sekitar 1,7-2jt saja sekali terbang (not included bagasi dan makan) Hiburan? oh tenang.. disini banyak kok yang GRATIS contoh saja saya pergi ke salah 1 museum di Sydney itu free entry, foto-foto di Sydney Opera, jembatan, pantai semua itu saya gak keluarkan uang untuk tiket hanya pure biaya transportasinya. Jajan?? kalau mau yang low cost adaaaa bangett dibawah AUD 7 adaaa, cuma kalau saya pribadi kenapa terlihat amat mahal itu memang definisi kalappp sist hahaha..candaaa..Hmmm karena rewards buat diri saya sendiri. By the way di Sydney sudah serba modern dan cashless maka saya hanya membawa sedikit uang kertas (hanya untuk berjaga-jaga) dan selebihnya saya mengandalkan kartu debit. Oh iya, disana tidak perlu pakai pin jika kalian punya kartu debit atau kredit card yang memiliki fitur Paywave a.k.a Contactless contohnya saja saya pribadi menggunakan kartu bank BTPN Jenius karena kartu jenius sudah memiliki fitur tersebut sedangkan debit saya yang 1 lagi BCA belum (namun kabar baiknya di tahun 2023 BCA Debit sudah ada fitur tersebut, dan saya sudah merubah debit BCA saya ke sistem Paywave).

oh iyah bahas uang saku, penting banget sebelum travelling kita harus ada tabungan untuk disana jangan sampai tidak ada perencanaan keuangan matang sehingga bukannya refreshing malah pusing sehabis balik dari liburan dan tipe yang seperti apa kita dalam melakukan perjalanan, kalau kami tipe yang jarang travelling mau diluar maupun di dalam negeri sehingga pas untuk jalan-jalan berdua ke LN, kami tidak mau terlalu irit dan tidak juga boros dan kami punya tabungan bersama untuk merencanakan perjalanan liburan (bonusnya waktu kemarin ke Sydney suami gratis biaya akomodasinya) plus aku pribadi punya tabungan sendiri jadi selama aku bekerja, aku rutin menabung.
Sydney Train
Biaya Transportasi selama disana : around AUD 100 / orang (sekitar Rp. 1.050.000 / orang selama 9 hari.) biaya ini sudah saya cek di history transaksi dalam kartu Opal milik saya 

(FYI : Opal Card Tickets and fares for metro, train, bus, ferry, light rail and coach within Sydney and around NSW, untuk lebih jelasnya klik tautan ini Info Tentang Opal Card ) dan saya juga membahas pengalaman saya menggunakan Opal card di tautan ini........ sebenarnya kita bisa pakai kartu debit atau kredit card kita jika sudah ada fitur paywave nya (master dan visa) tapi menggunakan opal card banyak keuntungannya untuk saya, seperti ada program diskon naik transportasi umum dan jika selama weekdays saya aktif menggunakan nanti di weekend ada diskon dan atau ada gratis naik transportasinya.
selama di Sydney, saya lebih suka berjalan kaki dari North Sydney ke SCBD kira kira memakan jarak 11km sudah saya tempuh dengan berjalan kaki.
Biaya Rekreasi : sejujurnya Free Entry saya mengunjungi museum, pantai, opera house, Sydney Harbour, hanya Taronga Zoo yang membayar sekitar AUD 47 atau sekitar Rp.495.000/orang. dan wisata ke Fish market beli jajanan disana habis biaya AUD 86 /orang atau sekitar Rp. 900.000/orang
Biaya Makan, Belanja dan Souvenir : around AUD 1.046,50 / orang (Sekitar Rp.11.000.000 / orang selama 9 hari) perhitungan biaya ini hanya untuk 1 orang (saya). sekali makan bisa sekitar AUD 15 (Rp.157.000 not included minuman) saya bawa botol air sendiri dan mostly resto sudah menyediakan gratis air mineral.

FYI : Opal card memiliki aplikasi di Ios dan Android atau bisa buka di webnya, aplikasi ini bisa melihat history pengeluaran perjalanan kita selama menggunakan transportasi umumnya.untuk pengisian opal card cukup mudah di setiap stasiun telah tersedia mesin top up nya dan pembayaran bisa menggunakan debit ataupun cash. 

  • PROVIDER
Sebelum berangkat ke Sydney, saya memesan online sim card Internasional di JavaMifi sekali pakai untuk internet'an. 
saya mengambil paket Asia Australia Unlimited yang 10 hari.
Harga (2022) : Rp. 430.750 

Deskripsi Product : 

KELEBIHAN JAVASIM CARD:
- Tanpa perlu registrasi
- Langsung Aktif
- 3 Ukuran SIM
- Support IOS & Android
TENTANG SIM CARD :
- SIM Card khusus untuk Internet.
- SIM Card Langsung Aktif
- Masa Aktif 4, 7, 10, 15, 20 Hari
- Kuota unlimited FUP PER DAY*
- Bisa Tethering
- Selama daerah tersebut terjangkau tower signal, layaknya Telkomsel di Indonesia
- Dapat digunakan disemua jenis handphone
- Auto setting APN kecuali untuk HP yang tidak support setting OTA (Over the air) perlu setting APN manual (cara setting sudah tersedia di petunjuk penggunaan, Tidak sulit)
- Customer Service 24 Jam
- Service Guarantee, Jaminan connect atau 100% uang kembali
DETAIL CAKUPAN NEGARA :
Korea, Taiwan, Singapore, Malaysia, Japan, Australia, China, Hong Kong, Macao, Thailand, India, Pakistan, Vietnam, Myanmar, Philippines, Sri Lanka, New Zealand, Cambodia, Laos
CARA TOP-UP SIM CARD :
- Batas waktu untuk bisa Top Up Sim Card adalah 48 jam sejak paket pertama habis, setelah lebih dari 48 jam maka Sim Card tidak dapat di Top Up
  • KETIKA SAMPAI DI BANDARA SYDNEY
Tiba di Bandara Internasional Kingsford Smith, Sydney. langsung menuju ke bagian imigrasi untuk validasi. PERLU DI PERHATIKAN!! Sebelum kamu melakukan perjalanan ke Australia, terlebih dahulu harus membaca regulasi do's dan don'ts karena imigrasi disana sangat ketat. Terutama soal daging, saran saya jangan bawa daging rendang atau apapun itu soal daging pasti kena dan berakhir dibuang sepengalaman teman saya yang pernah kesana walau sudah di declare katanya.
 Berikut ini beberapa tips agar tidak mengalami banyak kendala saat pemeriksaan imigrasi:
a. Pastikan bahwa Anda mengepak sendiri koper dan barang bawaan untuk memastikan Anda tahu semua isi koper.
b. Isi Incoming Passenger Card dengan cermat. Declare atau nyatakan barang-barang bawaan sesuai kategori di dalam form. Bila Anda tidak yakin apakah barang yang Anda bawa termasuk dalam kategori tersebut, nyatakan “Yes”, karena bila kedapatan barang tersebut dibawa namun tidak dinyatakan, terdapat sanksi membayar denda uang yang tidak sedikit.
c. Bila membawa bahan makanan ataupun obat-obatan dari Indonesia, pastikan berupa produk-produk dalam kemasan yang tertutup rapat.
d. Packing barang-barang yang dinyatakan dalam form menjadi satu (akan lebih baik dalam wadah transparan) agar mudah bila diminta menunjukkan kepada petugas imigrasi. Misal: masukkan obat yang sedang Anda konsumsi ataupun produk makanan dalam satu wadah terpisah

dan jika ingin mengetahui lebih lanjut bisa buka ke situs https://www.abf.gov.au/entering-and-leaving-australia/can-you-bring-it-in 
contoh form declare : 
  • Lalu kemudian kami ganti sim card terlebih dahulu dan sim card langsung aktif.
  • di Sydney untuk menuju stasiun kereta cukup mudah. Kita hanya mengikuti plang jalan (papan nama) setelah sampai pintu masuk stasiun jangan lupa untuk ke counter Opal Card. Kala itu untuk pertama saya mengisi sebesar AUD 50 (Rp.527.944) ditambah 50 lagi untuk 9 hari
  • Pengalaman pertama alhamdulillah tidak nyasar, karena seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa di Sydney menurut saya serba dipermudah. Jarak dari bandara Sydney ke Hotel saya sekitar 20 km, jika naik train maka akan memakan waktu kurang lebih 35 menit namun jangan cemas untuk masalah ketepatan waktu pemberangkatan kereta menurut saya sudah on time.
  • Harga tiket kereta dari bandara menuju stasiun dekat hotel adalah AUD 18,31 (Rp. 194.000)
  • Rute keretanya : naik kereta T8 City Circle Via Museum rute Central station kemudian saya transit ke kereta T1 Lindfield menuju North Sydney station
  • Tidak jauh untuk berjalan kaki menuju hotel dan walau kami membawa koper besar namun kami tidak repot dan tidak kesulitan sebab stasiun-stasiun besar di Sydney ramah untuk para traveler yang membawa koper (namun ada pengalaman saya naik kereta disana, masih ada stasiun yang belum disediakan lift sebab stasiun tersebut tergolong kecil dan bukan dekat kota atau mungkin saya yang tidak sadar ada lift)
  • Untuk membaca dan melihat dokumentasi selama disana bisa saya tuangkan ke "Itenerary 9 hari di Sydney" selamat membacađź’—
  • dan ini total perincian budget travelling per orang (saya) selama 9 hari disana :


Keterangan :
  • Harga Visa/orang : all in include biaya agent
  • Tiket round trip/orang : Garuda Indonesia rute direct, 
  • Hotel tidak dihitung karena dapat penginapan gratis
  • Transportasi all in per orang : pakai Opal Card Tickets and fares for metro, train, bus, ferry, light rail and coach within Sydney and around NSW
  • Konsumsi per hari per orang : sekali makan bisa sekitar AUD 15 (Rp.157.000 not included minuman) bawa botol air sendiri atau resto sudah menyediakan gratis air mineral.
  • Sim card per orang : beli online masa pakai 10 hari unlimited
  • Rekreasi per orang : Taronga Zoo around membayar sekitar AUD 47 atau sekitar Rp.495.000/orang dan jajan di Fish Market habis biaya AUD 86 /orang atau sekitar Rp. 900.000/orang
  • Shopping per orang : Souvenir dan belanja pribadi.
Total budget travelling saya pribadi selama 9 hari di Sydney sebesar Rp. 33.680.750.
cukup sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi untuk kamu. Salam bahagia untuk kita semua, semoga selalu senantiasa diberikan keberkahan dan rejeki untuk jalan-jalan bersama pasangan, keluarga atau bahkan solo travelling. amin






Tidak ada komentar:

Posting Komentar